Spiga

Mengapa Politikus harus mempunyai Blog?

Pemilu telah usai. 3 putaran kita menjalani pemilu di tahun 2004 ini. Yang terakhir adalah pemilihan presiden putaran kedua yang seperti kita ketahui bersama SBY hampir bisa dipastikan akan menjadi Presiden RI. Allahu alam.
Pemilu tak bisa dilepaskan dari Politikus, bukan poly tikus lho :D.
Ada satu pertanyaan di benak ini. Adakah politikus di Indonesia yang sudah menggunakan Blog? kalo di USA sana sih politikus yang tidak punya Blog dianggap ketinggalan. Howard Dean (http://blog.deanforamerica.com/) adalah salah satu politikus yang menggunakan Blog dalam kampanyenya. Tak lupa, Bush pun menggunakan Blog untuk sarana kampanyenya dan mendekatkan diri dengan konstituennya. (http://www.georgewbush.com/blog)

Dalam sebuah websites, www.loiclemeur.com, mengungkapkan ada beberapa alasan mengapa seorang politikus harus mempunyai Blog :
1. Supaya lebih dekat dengan pendukungnya.
2. Untuk membuat sebuah debat terbuka dengannya.
3. Untuk menge-test gagasannya dengan mudah dan cepat serta memperkaya gagasan dan mendapatkan gagasan baru.
4. Untuk men-switch cara mereka berbicara pada orang lain yang biasanya bersipat institusional menjadi lebih personal.
5. Mendapatkan kritik yang lebih mudah dipahami dari orang terhadap gagasannya.
6. Untuk lebih menyebarkan gagasannya secara lebih mudah jika dia didukung oleh banyak orang, dalam pola desectralisasi.
7. Untuk mendapatkan dana bagi kegiatan kampanyanya.
8. Untuk meraih para pemilih pemula dan menolong mereka supaya lebih tertarik ke politik.
9. untuk menciptakan efek network di sekitar mereka?
10. Menjadi terkenal jika dia sebelumnya politisi kurang terkenal, atau untuk memulai aksi politik, meskipun baru bersifat lokal.

Ayoo para politikus Indonesia, bangunlah identitas Anda salah satunya dengan membuat Blog, biar kami bisa mengetahui siapa Anda dan gagasan apa yang (akan) Anda usung untuk perbaikan negeri ini!

~IdE~
#27/09/04#