Spiga

Membuat Blog dan tips sederhana

Ada sedikit pengalaman selama beberapa waktu bersentuhan dengan dunia Blog.
Untuk membuat Blog inysa Allah tidak terlalu sulit. Apalagi sekarang sudah banyak penyedia jasa blog secara gratis. Misalkan www.blogger.com dan www.blogdrive.com . Selain yang 2 itu masih banyak juga yang lainnya.

Untuk membuat Blog sederhana di Blogger.com, hanya diperlukan 3 langkah, yaitu
1. Create an Account
2. Name your Blog
3. Choose template

++> Pertama kali masuk ke www.blogger.com , lalu Klik tombol CREATE YOUR BLOG NOW. Maka akan dihantarkan pada langkah pertama, yaitu Create an Account.
Isi saja data yang diminta, jangan lupa centang Acceptance of Term.
Lalu Klik tombol Continue.

++> Anda akan sampai pada langkah 2 yaitu, Name your Blog.
Ada 2 isian yang harus diisi, yaitu :

Blog Title :Blog Title adalah nama untuk blog kita. Kita bisa mengisinya misal dengan ‘My Personal Blog’, ‘IdE's Journal’ ,’Indonesia Moslem Blogger ’ atau apapun terserah kita.

Blog address (URL) :Blog address akan digunakan sebagai alamat blog kita yang nantinya bisa diakses secara online dari web. Ada 2 pilihan yang disediakan oleh Blogger.com yaitu menggunakan Blogspot (http://namablogkita.blogspot.com) yang merupakan layanan gratis dari Blogger. Atau bisa pilihan Advanced Setup, dimana kita menggunakan hosting web yang telah kita miliki (missal : www.namablogkita.com) . Tapi nanti kita akan bahas Adcanced setup ini pada bagian lain.
Untuk Basic setup, kita tinggal memasukkan nama blog yang kita kehendaki pada kolom isian Blog address (URL) . Misal kita memasukkan ‘muslimblog’, maka alamat blog kita adalah http://muslimblog.blogspot.com.

Bila ternyata Blog address yang kita masukkan sudah ada yang memakai, maka akan ditampilkan pesan kesalahan, dan meminta kita untuk memasukkan Blog Address yang lain.

Setelah kedua isian tadi (Blog Title & Blog Address (URL) ) kita lengkapi, klik tombol Continue untuk menuju tahap selanjutnya (langkah3).

++>Langkah ketiga adalah ‘Choose a template’. Ada sekitar 30 templates yang disediakan oleh Blogger.com . Kita tinggal memilih templates mana yang kita suka. Dan perlu diingat bahwa kita bisa menggantinya kelak jika ternyata kita sudah bosan dengan salah satu templates dengan memilih templates yang lain.

Setelah kita memilih templates yang disediakan, maka dilanjutkan dengan menekan tombol Continue. Apabila berhasil maka akan ditampilkan pesan sukses.

Maka sampai dengan langkah ini, kita sudah memiliki blog , tapi masih kosong isinya. Untuk itu kita akan melanjutkan dengan menulis sesuatu pada blog kita, yang biasa disebut dengan “Posting”. Klik tombol Start Posting dan akan sampai pada halaman untuk memposting

++> Untuk menulis pada blog kita, kita cukup menuliskan judul pada kolom Title dan menuliskan apa yang ingin kita tulis pada kolom Post. Setelah itu tinggal klik tombol Publish Post untuk mempostingnya dan menampilkan hasilnya di Blog. Tapi apabila kita ingin tulisan kita jangan dulu ditampilkan di Blog, cukup tekan tombol save a post as a Draft.

Demikian cara singkat membuat Blog di Blogger.com, selanjutnya Anda bisa berkreasi lebih lanjut di Blogger.com, misal menampilkan photo, design sendiri templatenya, dan lain lain.

Ada yang bertanya, bagaimana menulis Blog yang baik?
Yang membedakan Blog dengan Websites lainnya adalah, bahwa Blog punya ciri khas, yaitu Update frequently. Tentu kita harus rajin mengisi Blog kita dengan apapun yang suka kita tulis. Pokoknya, tulis yang ada di pikiranmu dan apa yang kamu sukai. Write about what you love, begitu mungkin bahasa kerennya :).
Karena itulah banyak yang mengatakan bahwa Blog adalah Diary Online. Bedanya dengan diari yang sehari-hari kita kenal yang sengaja dibuat agar orang lain tidak mengetahui dan membacanya. Diary Online (Blog) adalah kebalikannya, sengaja dibuat dan ditulis agar orang lain membacanya.

Ada satu lagi yang perlu diperhatikan, Kenali siapa pembaca blog anda! Know your intended audience! .

Dan satu yang terakhir, Bersabarlah! Be patient!. Karena kebanyakan Blog pada awalnya tidak terlalu banyak pembacanya. Tapi seiring dengan seringnya kita mengupdate Blog kita, dan tentu seiring dengan berjalannya waktu, Insya Allah akan semakin banyak orang yang berkunjung ke Blog kita untuk membaca tulisan kita dan apapun yang kita tampilkan di Blog kita.

Sangat dianjurkan untuk mengunjungi Blog orang lain, dan seringlah mengisi tagboard(buku pesan) mereka, walau hanya sekedar mengucapkan 'Hi' atau bahkan kita ucapkan salam "Assalamulaikum". Dan tentunya mereka pun akan tertarik untuk mengetahui siapa pemberi pesan/salam tersebut dan akhirnya berkunjung ke Blog kita. So jemput bola dengan terus mengupdate Blog kita dan berkunjung ke Blog lain untuk sekedar berucap salam. Tidak mustahil nanti akan tercipta suatu Bola salju di Blog kita, terus bergelinding dan tentunya terus membesar.

Allahu alam

Asep Id Hadiana
http://namakuide.blogdrive.com
http://namakuide.blogspot.com

3 comments:

Anonymous

September 22, 2004 at 6:27 PM

nice article. keep up ur good works

Anonymous

February 6, 2007 at 8:31 AM

Cool blog, interesting information... Keep it UP » »

Atiningtyas

June 23, 2008 at 2:29 PM

tyas ni...
baru lihat ni, thanks alot. I need banyak bantuan buat memodifikasi bolg saya, coz msh baru n g tau papa, plis....